Salam dan Bahagia!
Kali ini saya akan membahas mengenai Pembelajaran Berdiferensiasi dan koneksi modul 2.1 dengan modul PGP sebelumnya. Penjelasan mengenai Pembelajaran Berdiferensiasi yang saya sampaikan di sini merupakan konsep yang saya pelajari dari modul PGP, modul diklat Fostering Student Motivation and Engagement yang pernah saya ikuti, serta sumber - sumber lain.
Pembelajaran berdiferensiasi adalah metode pengajaran di mana guru menggunakan berbagai cara yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan individu setiap siswa.
Adapun Ciri-ciri/karakteristik Pembelajaran Berdiferensiasi, yaitu
1. Berorientasi pada peserta didik, dimana guru merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswanya.
2. Menyediakan berbagai pendekatan. Pembelajaran diferensiasi dapat melakukan berbagai pendekatan dalam konten, proses, maupun produk.
3. Berakar pada asesmen. Dalam pembelajaran berdiferensiasi, terdapat asesmen formatif guna melakukan perubahan dan perbaikan selama pembelajaran serta asesmen formatif untuk menentukan tingkat pemahaman siswa terhadap pembelajaran.
4. Campuran dari pembelajaran klasikal dan individu dengan bentuk pengelompokan yang bervariasi
Menurut Tomlinson (2013), perbedaan kebutuhan
belajar yang dimiliki siswa terdiri dari kesiapan belajar, minat, dan profil
belajar. Sehubungan dengan itu, ada 3 macam strategi diferensiasi yang bisa
dilakukan sehingga siswa dapat belajar dengan maksimal.
1. Diferensiasi Konten
Kita dapat memberikan jenis kegiatan yang sama kepada siswa dengan
tingkat kesulitan yang berbeda. Kita juga dapat memberikan scaffolding
untuk membantu siswa.
-Berikan dukungan di awal dan secara bertahap hilangkan dukungan tersebut
saat tidak lagi dibutuhkan
-Aktifkan pengetahuan awal siswa dan hubungkan dengan konsep baru
-Ajarkan kosa kata terlebih dahulu sebelum membahas teks bacaan
-Bagi kegiatan menjadi langkah-langkah sederhana
-Berikan model yang dapat ditiru siswa
-Berikan kalimat yang kosong untuk diisi
-Berikan waktu berpikir yang cukup sebelum menjawab pertanyaan
2. Diferensiasi Proses
Artinya, kita memberikan tugas yang berbeda kepada siswa yang berbeda.
Kita dapat membangun stasiun pembelajaran (learning stations) tempat
kelompok-kelompok siswa mengerjakan berbagai aktivitas. Misalnya, kita memiliki
4 stasiun. Di stasiun Menulis, siswa membuat daftar/cerita, menulis esai
menggunakan kosakata yang diberikan, merencanakan penulisan fiksi/nonfiksi,
menanggapi pertanyaan/petunjuk, dll. Di stasiun Membaca, siswa membaca secara
mandiri, bergiliran membaca dengan suara keras, menanggapi teks dengan
menggambar, menulis, atau menjawab pertanyaan, melengkapi pengatur grafis, dll.
Di stasiun Mendengarkan, mereka mendengarkan teks/dialog lalu menulis jurnal,
menjawab pertanyaan tentang apa yang telah didengarkan, mengisi bagian yang kosong,
dll. Sementara itu, di pos Guru, siswa belajar, mengulas, atau memperkuat
keterampilan/konsep tertentu. Ini terutama dapat ditujukan kepada siswa yang
memerlukan bantuan (kelompok siswa yang kurang menguasai) atau kelompok siswa
yang berkemampuan lebih dan memerlukan pengayaan.
1. 3. Diferensiasi Produk
Siswa dapat menunjukkan pemahaman atau keterampilan mereka dengan
berbagai cara, seperti membuat video, berpidato/berdiskusi di TED, membuat
poster, menulis karya tulis, membuat sandiwara, dan lain-lain sesuai dengan
minat mereka.
Contoh Pembelajaran Berdiferensiasi:
1. Memberikan beberapa teks dengan beberapa topik berbeda sesuai minat siswa (diferensiasi konten)
2. Memberikan hands on materials kepada siswa yang masih belajar konkrit dan memberikan soal langsung kepada siswa yang sudah pada level belajar hal abstrak
3. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar pada pojok – pojok kegiatan
di kelas dengan pertanyaan pemandu yang berbeda – beda (diferensiasi proses)
4. Memberikan tenggat waktu lebih panjang kepada siswa yang memerlukan
tambahan waktu dalam pengerjaan tugas (diferensiasi proses)
5. Memberikan pilihan kepada siswa untuk menunjukkan pemahaman dalam bentuk
menulis, melakukan presentasi, membuat video, dll (diferensiasi produk)
0 comments:
Post a Comment